Monday, March 28, 2005

sastrainggrisunair@yahoogroups.com

Konco-konco..
aku dulu pernah bergabung dalam milis sastrainggrisunair di situ membernya kl gak salah para dosen Lusvita yang memotori entah kenapa sebentar doang eksistensinya waktu itu Diki Hape masih di jepun (mana neh orangnya sekarang?--Dikiiii)

Kami sempat sedikit berdiskusi tentang betapa mahasiswa sekarang merasa minder karena kuliah di fak sastra dan bahasa tentang betapa mereka yang dikirim sekolah ke luar negeri enggan balik ke Indo tentang betapa susahnya menghentikan korupsi meski itu hanya korupsi bolpen

kalau tentang mahasiswa sekarang yang minder itu, aku dapet firsthand experience waktu itu aku termasuk instruktur dalam 'pelatihan pertelevisian' yang diadakan oleh sastra indonesia (coba..kalah langkah d kita)
ternyata pesertanya banyak juga dari sastra inggris setelah tahu aku lulusan sastra unair, mereka pun curhat ma aku mereka bilang... "Mbak kami ini kalo lulus bisa kerja di mana ya? kok saya pesimis kita bisa dapet kerja yang bagus. kami kan kalah sama anak2 komunikasidan HI" dan semacam itu eh, malah ada yang bilang, "Pelajaran yang kami terima gak ada fungsinya, mbak"
glodak!
dosennya pun..waktu itu Lusvita lo ya (Lus, ke mana kamu?)
dia bilang memang pengajarannya gak maju..gitu-gitu doang
dosennya sibuk sendiri dengan ego mereka masing2 (itu kusimpulkan sendiri lo dr cerita yang beredar)
lagipula..temen2 dah liat blum situsnya sastra? jelek abissss
kalu jelek gitu sih aku juga bisa (heheheh ngetik doang), mana banyak mistype-nya lage..
kan ada radex dan teman2nya, mustinya bisa bagus getu lo..
lagi pula..masa mahasiswa sastra inggris bisa memelas gitu..
(mustinya sastra inggris unair tu punya daftar nama lulusannya dengan profesinya sekarang ya, kayak ITS itu loh)
ya nggak? Ya nggak?

peace!
rainy siregar

====================================
Awalnya dikirim oleh Rainy Siregar. Selanjut banyak masukan dan testimoni yang seru dari para alumnus.

25 comments:

Anonymous said...

Heeeee....
Aku sebagai angkatan ke V dari EDUA (ato EDAU
jare Ary) juga merasa bahwa apa yang aku dapat
selama kuliah di sana selama 5 tahun kok kayak
ikut kursus ajah. Kadang merasa ga PD juga in
this real world. Selain kuliah di EDUA memang
much more better kalo kita juga punya ketrampilan
laen, untuk mendukung ilmu yang sudah kita dapat.

Achievement yang aku raih adalah aku dapet gelar
sarjana dari Unair yang merupakan Perguruan
Tinggi NEGERI. Wis, kuwi thok, ga ada kebanggan
yang lain.

So, what y'all think and feel about it?

NB. Bisa masukin ke Blog neh, cuman karena ga
semua bisa browsing ya diskusinya di milis ajah
yah?

Anonymous said...

Ga usah bingung deh ini juga penyakit univ2 lain di indonesia juga kok
tingkat aplikasi rata-rata di univ indonesia emang payah kok
yang top memang lulusannya akmil kok bisa jadi
gubernur,komisaris,macem2 deh minimal jadi centengnya org2 kaya
hahahaa
btw drpd menyesali apa yang sudah didapat kenapa gak disukuri aja apa
yang sdh didapat di unair dulu? masih lumayan masuk unair ketemu
temen2 yang lebih intelek drpd kalo kita masuk univ swasta macam
ubaya untag dll iya kan?
kalo nyesel apa ya mau masuk UMPTN/SPMB lagi?

Anonymous said...

Aku bangga juga koq,..
Dengan ijazah bhs inggris ku aku bisa masuk ke perush multinasional raksasa persis sesudah lulus, malah udah teken kontrak sebelum wisuda.
Cuman berbekal kelihaian bahasa inggris aku bisa bikin impress si big boss yang orang Danish totok itu. Impress dia bukan dengan ketrampilanku yang lain
tapi dengan kemudahanku mengemukakan my potentials and visions ke dia hanya karena aku bisa bhs inggris.
Baru di sana aku belajar banyak di dunia baru
yang pastinya gak bisa aku dapetin meskipun kuliah di jurusan apa aja di Indonesia.
Ijasah bhs inggris juga laku di sekolah national plus (posisi idamanku sampe sekarang) kaya Melly.
Ketrampilan bisa didapat dari pengalaman. Setelah kita enter satu dunia
kerja, kita akan dapatkan ketrampilan itu,... mau nambah ya monggo pake kursus atau lewat seminar.
Sampai sekarang aku tetep bangga dengan ijasah bhs inggris ku tercinta ini.
Banyak juga insinyur yang kerja di kantor biasa yang gak sesuai dengan
ijasahnya,...

tengkyu

Anonymous said...

Tapi mbok yao....
Mutune ki loh.... ditingkatken...
Kurikulum-e dibenahi...
Perpustakaan-e dilengkapi...
Mosok katene nyilih perpust-e Petra or Wima (eh,
Wima ya?) terus seh?
Jangan cuma bikin bangga kita bisa masuk NEGERI
ajah, tapi juga bisa merasa bangga akan fakultas
kita yang bermutu.

Nek tak eling2 bener juga apa kata Jr.
Serasa ingin mencuri skripsi kita biar tidak
terpampang di perpustakaan.
Lha wong pas sidang wae teori sastra-ne wae jik
bingung... hihiihih....

Anonymous said...

Bangga??

hhmm...
Ada juga sih rasa bangga meskipun dikit ;p
Meskipun perusahaan tempat aku kerja termasuk
kecil, tapi aku bangga karena aku satu2nya
lulusan Unair sedangkan yang lain lulusan ITB...
hehehhe
Kenapa mereka tidak merekrut lulusan Unpad ato
Unpar? Karena bro+friends yang establish
perusahaan ini, jadi KKN...hihiihih...
Rasa bangga yang laen karena aku satu2nya cewek
di perusahaan ini.... (assyyeeeekkkk)

Haaaaaa... ora mutu blassss...
Opo hubungane coba????

Anonymous said...

Irma Safitri wrote:
Baru di sana aku belajar banyak di dunia baru
yang pastinya gak bisa aku dapetin meskipun kuliah di jurusan apa aja di Indonesia.


YAK TUL
TAPI SEBENERNYA AKU GAK KEPIKIRAN SOAL BANGGA ATO ENGGAK
HANYA SAJA AKU ENGGAK PERNAH SAMA SEKALI MERASA MINDER--MESKIPUN INI BUKAN
PILIHAN PERTAMA DAN KEDUAKU
AKU GAK NGERASA ILMU YANG AKU DAPET GAK ADA GUNANYA
DULU PERNAH ADA STUDI BANDING DENGAN KAMPUS LAEN--DR MANA AKU LUPA
KESIMPULANNYA--TERNYATA KAMPUS KITA LUMAYAN JUGA KOK

Ketrampilan bisa didapat dari pengalaman. Setelah kita enter satu dunia kerja, kita akan dapatkan ketrampilan itu,... mau nambah ya monggo pake kursus atau lewat seminar.

SOAL KETERAMPILAN, ITU BISA BERJALAN BERIRINGAN
YANG AKU RASA KURANG, MAHASISWA ITU SENDIRI--KURANG KREATIF
KITA KAN PUNYA HOBI--ENTAH ITU FOTOGRAFI, DESAIN ATO APA PUN
ITU KAN BISA BERKEMBANG--APA LAGI DENGAN KENDARAAN YANG KITA MILIKI YAITU
KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS YANG LEBIH DIBANDING DENGAN YANG BUKAN LULUSAN SASTRA
INGGRIS
KITA BISA MEMBUKA MATA LEBIH LEBAR, MENJANGKAUKAN TANGAN LEBIH JAUH
KALO CUMAN NERIMA YANG ADA..SEKOLAH DI MANA PUN TETEP AJA USELESS

GITUUU KALO PENDAPAT GW


peace!

Anonymous said...

Pasti mereka masuk sastra pilihan 3 ampe begitu ketakutan (sama donk, tp aku ngga ketakutan gitu kok mikirin kerja). Kenapa bingung dengan sastra? judul
fakultas aja SAstra Inggris yo diajarin Sastra alias puisi, soneta, prosa dan teman2xnya.
Kenapa bingung mikirin kerja? Kerja mah persoalan rakyat Indonesia bukan cuma fakulats sastra doank. Mereka aja belon tau gmn dpt kerja.
Pdhl point utama nya mereka udah dapet yaitu sejelek2xnya nilai mereka, pasti waktu lulus speaking english masih PD lah. Kl mo gampang dapet kerja
ya masuk FK ato FKG ato perawat dan ilmu kesehatan di D3-nya FK. Kerja ngga kepikiran, udah madya trampil. Gituchu loh. Kenapa ya mereka bingung? Lha wong anak FE, FH, FISIP semua sama. Kl lulus ya kerja bisa loncat2x/ Temnku anak HI emang ada yg di Deplu, tp ada jg yg di Gramedia. Anak FE ada yg di PRice WAterhouse Cooper di Jakarta tp ada yg jd medical representative. Anak Hukum ada yg di marketing distributor cat ampe di sekuritas karena stress
kerja di bidang hukum. Malah enak kaya begini khan temen banyak bidang macem2x menambah relasi. Dr sastra kita bisa punya temen dari guru ampe pak lurah (pak lurah lagi ......). Dari creative writer yg dinamis ampe pak bea cukai. Dari sekertaris ampe advertising. Cuma selebritis aja kita belon punya yah. Coba kl ada selebritisnya, pasti langsuing terkenal Sastra Inggris Unair.

Anonymous said...

Hore2 aku setuju ama pendapat Mbak Rainy. Tepat seperti pendapatku.

Anonymous said...

Kan ada Dian JR (yang gak mau lagi disebut Dian AFI) yang deket ama
selebritis. Juga Tony yang maennya di advertising deket juga ama bintang2
iklan ...
Justru sastra Inggris ini bikin kita gak terikat ama bidang keilmuan waktu kuliah jadi lapangan kerja jadi lebih luas, plus kita punya kelebihan dibandingin jurusan lain yaitu lebih PEDE ngomong Inggris (atau lebih gak pede kalo ternyata inggrisnya kalah ama anak lulusan LIA / EF ?).
Back to orangnya deh, kalo individunya kreatif ya banyak yang bakal dia dapetin  di luar bangku toh ?

Anonymous said...

yap betuuulll....
memang salah satu keuntungan terbesar kita masuk ke sastra inggris adalah lapangan pekerjaan yang sangat2 luas, tidak terpaku pada satu bidang saja, mau ke mana aja kita bisa masuk, tinggal kita asah ato bekali saja ketrampilan lain untuk menunjang pekerjaan kita.

Anonymous said...

Aku setuju sama Fira tentang masalah sekolah & kerja itu sesuatu yang gak sama.
Mungkin ada korelasinya tapi (menurutku) sekolah (khususnya S1) lebih bersifat konsep belajar telaah & problem solving (yang tentunya berhubungan dgn masing2 jurusan). Sedang kerja lebih menekankan pada individual skill & knowledge di bidang kerja itu, makanya pengalaman (umumnya) diutamakan. Good skill & knowledge = good works = good money :P

Terus terang aja, kemampuan bahasa inggris ku terbilang malu-maluin untuk ukuran sastra inggris... hehehe (ye nggak Don?) jadi aku sama sekali gak bisa jual language skill ku, apalagi ijazah EDUA ku yg bernilai pas-pas an :)
tapi aku merasa banyak dapat hal positif dari EDUA yg bahkan nyangkut dg bidang profesi ku skrg, khususnya di konsep telaah & berfikir sastra yg kadang mbantu banget buat mecahin masalah komunikasi visual ku (FYI, aku nyuri 1 jatah periuk nasi orang jurusan Desain Komunikasi Visual :)

So, am i proud to graduate from EDUA? Yes, apalagi ini pilihan pertamaku waktu UMPTN :)
Knapa? karena aku bener2 ngerasin banyak hal yg pernah aku pelajari di EDUA (formal & informal) teraplikasi dg baik di banyak hal.

salam

Anonymous said...

Yup, aku setuju dengan dian. Justru sastra inggris lowongan kerjanya luas sekali. Kerja apapun bisa, tinggal tambah pengalaman aja. Dan itu sering kusaranin ke adik2ku, tetangga, dll

Sejak kuliah, aku dah sambil kerja. Begitu aku lulus Unair, otomatis itu mengupgrade kerjaku. Dan aku loncat dari satu prsh ke prsh lain dgn mudahnya. Yaitu, dgn bekal ijasah inggris + pengalaman2ku sblmnya.

Even aku jg ga pinter2 bgt di Inggris, dan aku termasuk mhs yg paling lama di angkt 89. Sing penting, nak Sarjana Sastra Unair tho...:)

Hidup EDUA..

Anonymous said...

Aku nggak minder dan nggak terlalu bangga juga dengan jurusan yang aku ambil. Biasa aja lah...
Cuma emang aku setuju sekolah dan kerja adalah dua hal yang berbeda. Aku nggak nyesel dengan gelar sarjana sastra yang aku punya.

At least aku bisa punya temen-temen yang lucu-lucu kayak Ary, Tony,
Dondon,
hihihi...
Keuntungan lainnya aku bisa ngelanjutin sekolah kemana-mana nggak usah pake ujian TOEFL or IELTS lagi, bagus kan... Langsung masuk and diterima gitu.
Kalo masalah kerja nggak sesuai jurusan waktu kuliah itu bukan cuma di Indo aja kok, di sini juga sama aja... Jadi ya nggak usah nyesel lah... namanya udah jalan hidupnya begitu (apaaaa coba...)
Pokoknya gitu lah... ada untungnya juga kok. Walau pun kata Ary bahasa Inggrisku masih belepotan, tapi aku bisa hidup di negri orang dengan sukses dan bekerja dengan agak sukses juga.
Gitu dah pendapatku.

Anonymous said...

Nyang nggak nerusin di sastra inggris aja masih ngerasa banyak guna.
Paling nggak rada ndak kaget kalo disodori ama proposal atau kontrak2 kerja dari luaran sono.

Anonymous said...

Memang ada benernya jg, mungkin mutu pengajaran dosen2 kita perlu ditingkatkan. Sepertinya kita dulu selalu teori, tapi kurang praktek. Selalu ke textbook.Yg paling penting menurutku praktek ngomong inggris kita itu lo. Dulu kan ngerasa gak pede banget menurutku karena kurang praktek itu, plus malu salah grammar. Padahal yg penting kan brani ngomong dulu, masalah grammar dll nanti pasti bisa improved dgn sendirinya kalo kita terbiasa menyampaikan pendapat dlm bhs Inggris. Asli, aku dulu jg ngerasa malu kalo orang nanya aku kuliah fak apa, trus ngomong Inggris didepan dia. Takut, ngomongku gak bener. Tapi masalah teori, fakultas kita termasuk ok lah. Smp sekarang aku masih inget grammar dsb. (Gak tau ya kalo yg ambil sastra. Berhubung aku dulu lebih seneng ke language, ketimbang literature, aku jarang dengerin kalo "pak dosen literatur kita" ngasih kuliah.) Intinya kita benernya udah punya dasar teori yg kuat, cuman perlu sering praktek aja. Plus memang harus sering baca2 buku materi bahasa Inggris populer buat tambah pengetahuan. La ini jg tergantung bapak-ibu dosen jg. Kalo di kursus kan yg dibahas cuman teori umum aja. Masalah dapet kerja, menurutku itu tergantung individunya jg, & peruntungan kita jg. Kalo dilihat ada potensi, pasti lah ada kesempatan. Kalo' fasilitas, mungkin dulu fak kita masih muda, jd perpustakaan jg masih terbatas & lab bahasa jg dipake cuman seminggu brp kali. Gak tau sekarang. Moga2 better.

Masalah skripsi, hehehe... aku dulu krn males dengerin kuliah statistik, ngeles... gak mau pake statistik di skrpsiku.

Wah, la kok dowo ngene critoku yo....

Anonymous said...

Mnrtku,
emang sih kuliah di Bhs & Sastra Inggris kurang membanggakan. Itu karena kita takut akan pandangan masy yg awam ttg ilmu ini. Pdhal begitu kita masuk ternyata ada byk hal yg sbrnnya materi kuliah itu sgt berat.
Yg aku dpt dari kuliah di sastra adl cara pandang dan pola pikir. Mgkn inilah tahap dari pendidikan jenjang S1. So apapun subyek
pendidikannya, tetapi tingkat berpikir kita adl analitis. Itu yg penting. Emang akhirnya kita kurang mempunyai ketrampilan. Tunggu dulu, terampil dlm hal apa dulu? Klo cuman "terampil" sbrnnya dari kursus2 bisa didptkan, ato pendidikan smp jenjang D3 dah sgt cukup! Tapi kan arah pendidikannya itu utk menjadi "TUKANG". Smtr pada tingkat S1 dan seterusnya adl Tukang yg Analitis.
Dari pengalamanku kerja [mgkn jg gak byk tetapi aku rasa cukup utk di-share] yaitu bhw ijazah sastra-ku gak byk berguna... alhasil yg byk dipakai adl cara pandang dan pola pikir analitis. Aku yakin... kawan2, mbak2, mas2, ato adik2 alumni sas.inggris unair pny pengalaman yg sama dgn aku.
Lily bnr, bhw byk pula fakta yg menyajikan org bekerja bukan dari bidang sekolahnya. Byk bgt!!!
Dlm hal ini, dgn bermodal pola pikir, kita di dlm dunia kerja jg hrs belajar. keep learning. ya gak seh? ada byk hal baru akhirnya tetap hrs kita pelajari di dunia kerja. apapun itu bidangnya.
Gak pandang lulusan apa, lulus ato gak, di manapun toh sering kita jumpai bhw kita hrs byk belajar lagi, bahkan bidang2 baru. Karena pd dasarnya dunia makin berkembang, bergeser, dan intinya adl dinamis.

Kesimpulanku smtr:
NEVER GIVE IN, byk fakta bhw org yg kurang beruntung dari kita, malah sukses.
KEEP ON LEARNING, walopun kita pernah "terpuruk" di sastra inggris.
Lulus maupun gak lulus. Toh dari cerita2 terdahulu yg posting, byk yg merasakan keuntungan kuliah di sastra inggris.

Apa yg kita dpt kuliah di jenjang ini adl berpikir analitis. USE IT and GET USED TO IT!!!

Anonymous said...

Aku setuju banget sama kalian. kita kan dibesarkan dalam kultur yang cuma menghargai dokter, insinyur, tentara, presiden, ekonom dll tanpa melihat ada banyak hal diluar itu yang bisa berguna. kita cuma menghargai"hal-hal yang bisa dihitung: seperti matematika biologi kimia ekonomi dll" dan gak memberi perhatian pada hal-hal yang tidak bisa dihitung seperti cinta, agama dan seni (termasuk sastra didalamnya). yah kalo ada yang menghina gunanya sastra anggap aja orang gak ngerti. kita nggak bodoh kok cuman mengambil sesuatu yang berbeda dari yang diambil orang kebanyakan sehingga kita terpinggirkan. btw kita harus respek juga sama keberanian kita mengambil jurusan sastra karena kita berani berbeda dengan arus besar diluar sana. dan itu luar biasa lho. sekarang masing-masing dari kita sudah survive dengan cara berbeda beda. sudah berani beda survive
pula. opo yo ora top ngono kuwi!

Anonymous said...

Aku mau omong soal kurikulum nih. aku sama sekali ga nyombong atau unair sentris dengan ceritaku.
But guys, i'm telling you the truth:
aku dulu minder jadi dosen di univ brawijaya karena aku satu2nya di situ lainnya dari ikip malang, univ jember, ugm, ui, undip. tapi setelah setahun minderku ilang. mereka biasa2 aja tuh! ilmunya biasa2 aja. ga ada yang istimewa. ya ijasah mereka aja yang keren. btw aku sekarang ngajar literary criticism, comparative literature, english prose dan english poetry. i'm proud of my educational background. the drive to keep on learning is more important than just a bloody certificate!

Anonymous said...

Yang namanya real life emang baru dimulai setelah kita lulus kuliah.......
 Kalo ditanya pendapat pribadi tuh to be honest  aku ga ngerasa bangga2 amat sih jadi lulusan sastra inggris, yah standar aja gitu....
Tapi aku bener2 menikmati kuliah di sini, banget........ atmosfernya yang so laid back, fun banget, kerasa asik2 aja...entah karena kuliah sosial emang seperti ini ya....
Yang jelas kuliah ini sangat mengakomodir hobiku baca novel2 baik yang nyastra maupun yang gak... mulai dari jane austen yang membuat kriting krn musti sering2 buka kamus sampe chiclit yang bisa dibaca dalam wkt 1/2 jam aja.....meskipun setelah kerja kepakenya cuman buat ngerumpi ama bos en nerusin hobi baca........

Terlepas dari itu emang musti diakuin referensi buku bacaan kita tuh dikit banget... gak usahlah dibandingin sesama PTN, ama petra aja malah bisa dijadiin referensi buat skripsi..
Bahkan ama temen2 dunia maya yang sehobi pun juga bacaannya canggih2, dante, chaucer, milton, yang aku aja dengernya baru pas nonton film "seven"

The moral of story is buat ade2 kelas yang masih bingung, Get A Grip!
Raise up your chin, trus yang pede aja.....

Gak cuman kita yang lulusan sastra inggris kok yang susah dapet kerjaan, lulusan ekonomi yang jurusan fave juga mpe sekarang masih bingung juga ada kok. Yang jelas, spt kt Dondon toh kita dah punya kemampuan analisis,..dibandingin yang sekedar kursus bahasa...tinggal itu diadopt aja ke pekerjaan masing2...
Atau kalo emang ada kesempatan, daripada susah cari kerja, Make Your Own Job.....gitchu....

Anonymous said...

Akuuurrr ... Ary dan Don2...!!!!
hueuhue..aku yo jane kate komentar spt yg kalian tulis...akhire nunut ae..heuhuehue...

yg jelas aku di daerah (kota cilik) merasa bukan spt org kebanyakan...malah podo nggumun..kok iso kul mempelajari bhs asing yg susah gitu...yg untuk sebagian besar org adlh kelemahan mrk...

kita tuh "spesial" beda...ga spt para ekonom, ahli hukum atau yg umum lainnya..udah kebanyakan... malah bagiku mereka tuh fungsinya apa??(hehehehe...maaf lho)... tp nyatanya ekonomi indonesia makin terpuruk..hukum masih jadi komoditi bisnis..

kalo sastra mnrtku buat mengkaji/analisa segala sesuatu yg tertulis..bukan ilmu utk cari uang emang.. tp paling ga kita bisa lebih mudah/cepat beradaptasi dg teknologi2 baru yg masuk atau informasi2 penting yg msh berbhs asing khususnya English...tuuuhhh kan....

kalo diliat dr sisi politisnya, kita ga lagi sbg "nationalist" tp dah "internationalist" ... berkesadaran lebih maju dr org kebanyakan... lagian nasionalisme di sini kan masih "Chauvinist"

tp aku yakin kalian semua jelas dah paham hal2 begini.. aku yg kurang pengalaman dan pengetahuan jadi maluuww
gitu.. terus kita jelasin semua scr gamblang ke adik2 kita yg ga PD tadi...maklum juga kan mrk lom tau apa2...

nah yg jelas bgmna kita bisa nyanyi "Yesterday"-nya Beatles kalo  ga ngerti artinya...?? ntar malah kyk Mr.Bean...ngaget2in..
SUDDENLY....SUDDENLY... teruuuss..!!!! qeqeqeqeqe...


A heart of a Wild scream,
crying the tears in a .. Lullacry
A heart in a Wild dream,
Singing the songs for a .. Lullaby...!!!

Donz said...

Ini lho alamat situs fakultas sastra kita:

http://www.fsas.unair.ac.id/Duh maap... bukannya saya tidak menghormati, bukannya sok ngritik, maap, bukannya apa-apa... tapi sbg situs sebuah institusi kok gak meyakinkan gitu yah?

Anonymous said...

Ary Sudiargo said...

Ga usah bingung deh ini juga penyakit univ2 lain di indonesia juga kok tingkat aplikasi rata-rata di univ indonesia emang payah kok yang top memang lulusannya akmil kok bisa jadi gubernur,komisaris,macem2 deh minimal jadi centengnya org2 kaya hahahaa
btw drpd menyesali apa yang sudah didapat kenapa gak disukuri aja apa yang sdh didapat di unair dulu? masih lumayan masuk unair ketemu temen2 yang lebih intelek drpd kalo kita masuk univ swasta macam ubaya untag dll iya kan? kalo nyesel apa ya mau masuk UMPTN/SPMB lagi?

KOMENTAR:
HATI-HATI YA KALO NGOMONG, GAK SALAH TA ANDA. YANG BENAR TUH ANAK-ANAK UBAYA LEBIH INTELEK DARI UNAIR. MUNGKIN YANG NADA TAHU CUMAN UNAIR AJA, SEHINGGA ANDA BISA BILANG BEGITU. COBALAH ANDA JALAN-JALAN KE UBAYA, BERGAUL SAMA ANAK-ANAK UBAYA. KALO ANAK-ANAK UBAYA JAUH LEBIH INTELEK, LEBIH GAUL, LEBIH KAYA, DAN LABIH.....
ANAK UNAIR GAK ADA APA-APANYA DI BANDINGKAN DENGAN ANAK UBAYA, GAK ADA APA-APANYA DEH...

Anonymous said...

Pernyataan Ary Sudiargo, sebagai orang yang mengaku intelek, sangat disayangkan. Pernyataan Anda sama sekali tidak berdasar, kecuali berdasarkan pada sudut pandang dikotomi univ negeri dan swasta. Padahal, sebagai seorang yang telah mengenyam pendidikan tinggi, Anda seharusnya memiliki kesadaran dan kepedulian tinggi terhadap hakikat pendidikan swasta, khususnya keberadaan univ swasta yang dengan dana dan upayanya sendiri berupaya ikut serta mencerdaskan bangsa, serta sama sekali tidak menggantungkan dana dari pemerintah. Saya adalah lulusan sastra inggris untag, sekarang saya bekerja sebagai seorang PNS, staf ahli di departemen pendidikan nasional, sebuah departemen yang bersedia menerima saya melalui seleksi PNS yang ketat tanpa melihat saya lulusan univ swasta atau negeri. Kolega-kolega saya juga banyak dari lulusan univ swasta dan kualitas dan kinerja mereka amat mumpuni. Jangan melihat seseorang dari lulsan negeri atau swastanya, tetapi lihatlah dari aktualisasi dan survivalitas mereka pascalulus. Saya tersinggung dengan pernyataan Saudara dan menuntut Saudara untuk meminta maaf melalui media ini.

Anonymous said...

lu anonymous? me too....

kayaknya anda sangat bangga dg ke- PNS-an anda yah?!
sangat disayangkan sekali....!!!
seleksi ketat? hey man.... ini indonesia gitu lho....!!!
coba kalo anda bekerja di luar.... luar negeri maksudnya...
aduh.... jangan sekali- sekali menyombongkan diri seperti itu....
malu..... malu.....!
akhir kata saya cuma bisa bilang....
anda memang sangat beruntung diterima menjadi staf ahli dimanapun anda....

Anonymous said...

DICARI BANYAK PENERJEMAH INGGRIS FREELANCE

Dear Moderator,

Terima kasih untuk bisa share di sini, bagi yang berminat untuk menjadi penerjemah freelance bahasa Inggris Indonesia atau sebaliknya. Silahkan email adata diri ke : nurmala.jkt(at)gmail.com, www.1001media.co.id